BANYUWANGI siapkan kawasan industri 1.000 ha

 

BANYUWANGI: Pemerintah Kabupaten Banyuwangi semakin serius mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayahnya.

Langkah itu dengan penyiapan sejumlah infrastruktur pemacu melalui penyiapan lahan 600-1.000 hektare di Wongsorejo untuk digunakan sebagai lokasi Kawasan Industri (KI).

Keseriusan Pemkab Banyuwangi itu tampak mengingat KI itu ditargetkan tahun depan bisa dikembangkan termasuk telah disiapkan sejumlah paket kebijakan insentif bagi kalangan dunia usaha yang akan berinvestasi di KI tersebut.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan pihaknya kini telah membebaskan sekitar 600 hektare untuk proyek pengembangan KI di wilayahnya.

"Saat ini telah ada lahan 600 ha untuk lokasi KI yang telah diproses di BPN pusat tetapi luasan itu akan ditambah lagi menjadi 1.000 hektare sehingga KI yang terbangun nantinya akan lebih komprehensif dalam proses pengembangannya kelak," katanya, Senin (22/10/2012).

Azwar Anas menyatakan pihaknya menyerahkan proses pembebasan lahan untuk KI kepada pihak swasta. "Dari progresnya memang tidak bisa cepat, namun telah on the track."

Secara khusus dia menyatakan pihaknya memang memilih kawasan Wongsorejo yang berada di wilayah Utara Banyuwangi sebagai lokasi pengembangan KI nantinya.

"Wongsorejo yang merupakan kawasan utara Kab. Banyuwangi telah dipastikan sebagai lokasi pengembangan KI."

Pemilihan Wongsorejo itu karena wilayahnya memiliki topografi dan geografi yang mendukung. Faktor pendukung lainnya karena berdekatan dengan infrastruktur perhubungan termasuk pelabuhan."

Pemkab Banyuwangi, kata dia, telah menyiapkan sejumlah perangkat baik terkait layanan maupun kebijakan untuk proses pengembangan KI tersebut.  (ra)

 http://www.bisnis.com/