G-LAND DAN KAWAH IJEN BANYUWANGI

Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, mendapatkan penghargaan Travel Club Tourism Award (TCTA) 2012 dalam kategori The Most Improved Kabupaten. Dua pariwisata andalan yang menjadikan Banyuwangi kian "mewangi" hingga ke mancanegara, adalah Kawah Ijen dan G Land atau Pantai Plengkung.


Penghargaan TCTA 2012 diberikan kepada Kabupaten Banyuwangi yang dinilai mampu mengembangkan sektor pariwisata lokal. Saat ini, Banyuwangi mengalami perkembangan yang sangat pesat dalam sektror pariwisata. Bahkan, data menyebutkan jika tahun ini Banyuwangi berada di urutan ketiga daerah di Jawa Timur yang paling banyak diminati investor. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai potensi pariwisata yang sangat menguntungkan di Banyuwangi.



“Saat ini, Banyuwangi menjadi kota ketiga paling diminati investor setelah tahun sebelumnya hanya menduduki peringkat ke-31,” ujar Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dalam konferensi pers malam penganugerahan TCTA 2012 di Auditorium TVRI, Jakarta, baru-baru ini.

Kawah Ijen dan G-Land atau Pantai Plengkung adalah dua dari banyaknya potensi pariwisata Banyuwangi yang sudah terdengar gaungnya hingga mancanegara. Keindahan danau belerang Kawah Ijen yang berwarna hijau toska dengan dikelilingi gunung berapi yang masih aktif membuat pengunjung terpukau.


 Sementara itu, G-Land menjadi tujuan wisatawan mancanegara, terutama para surfer. Hal ini dikarenakan ombak di Pantai Plengkung merupakan salah satu dari tujuh ombak terbesar di dunia.

Akses perjalanan menuju kedua tempat tersebut terus menjadi perhatian pemerintah daerah. Pemerintah terus mengembangkan akses perjalanan utnuk memudahkan para wisatawan yang akan menuju Kawah Ijen ataupun G-Land. Abdullah berharap, di kemudian hari para wisatawan tidak perlu pergi melewati Bali jika ingin berlibur ke Banyuwangi.


Meningkatnya minat pariwisata ke Banyuwangi mengakibatkan aktivitas bandara pun semakin padat. Hal ini dikarenakan penerbagan menuju Banyuwangi, yang asalnya hanya dapat menggunakan satu buah maskapai penerbangan ukuran kecil, kini sudah berkembang.

"Sudah terdapat dua buah maskapai penerbangan yang dapat membawa penumpang dari Jakarta menuju Banyuwangi secara langsung dengan jadwal penerbangan yang konsisten setiap harinya. Selain itu, pelabuhan akan dikembangkan untuk mempermudah jalur masuk menuju Banyuwangi melalui laut," paparnya.


Usaha yang dilakukan pemerintah Kabupaten Banyuwangi dalam memperkenalkan sektor pariwisata ke mancengara dilakukan pula melalui berbagai festival yang rutin diadakan setiap tahunnya. Pada akhir tahun ini akan ada dua festival yang digelar selama November. Tour de Ijen yang diselenggarakan oleh pemerintah Kabupaten Banyuwangi akan digelar pada 7 hingga 9 November 2012 sedangkan Banyuwangi Ethno Carnival akan digelar pada 18 November 2012.