Pemkab Banyuwangi Bersiap Hadapi Letusan Gunung Raung

Pemkab Banyuwangi Bersiap Hadapi Letusan Gunung Raung  

BANYUWANGI--MICOM: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi, Jawa Timur, bersiap-siap menghadapi kemungkinan Gunung Raung meletus. 

"Kita menyiapkan untuk kemungkinan yang terburuk. Jika bencana benar-benar terjadi, insya Allah kita sudah siap," kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas saat memantau aktivitas Gunung Raung di Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung di Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Senin (5/11). 

Menurut dia, Pemkab Banyuwangi sudah menyiapkan sejumlah langkah strategis untuk mengantisipasi segala kemungkinan terburuk akibat erupsi gunung di perbatasan Kabupaten Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember itu. 

"Pemkab Banyuwangi telah memiliki langkah-langkah penanganan kedaruratan," ucap mantan anggota DPR itu. 

Ia menjelaskan pemkab melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sudah melakukan sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat terkait kemungkinan erupsi gunung setinggi 3.332 mdpl yang berkoordinasi dengan pihak TNI dan Polri. 

"Sosialisasi tanggap bencana juga dilakukan lewat pemutaran film, bahkan tokoh agama juga dilibatkan untuk mengajak masyarakat tetap tenang dan optimistis dalam menghadapi segala kemungkinan akibat meletusnya Gunung Raung," paparnya. 

Aktivitas Gunung Raung yang terpantau di PPGA Raung mencatat gempa tremor mengalami penurunan dengan amplitudo sebesar 20 milimeter, padahal sebelumnya mencapai 26 milimeter hingga 21 milimeter. 

Sementara Kapolres Banyuwangi AKBP Nanang Masbudi mangatakan Polri telah melakukan sinergi bersama pemkab, TNI dan unsur lainnya dalam penanganan bencana Gunung Raung. 

"Sebanyak dua pertiga anggota Polres Banyuwangi atau 800 personel polisi disiagakan untuk menghadapi erupsi Gunung Raung dan personel tambahan dari Kabupaten Jember dan Situbondo juga siap, apabila diperlukan," tuturnya. (Ant/Ol-3)